Ba’da shubuh setelah tilawah (ngaji), sempat merenung…22 tahun sudah saya menjalani hidup…kemudian terbesit kata dewasa…sudah dewasakah saya??? karena saya yakin, kedewasaan tak bisa diukur hanya dengan usia….tapi..kepribadian kita….

kedewasaan….

sebuah kata yang cukup mengundang perhatian bukan? …dewasa….pemaknaan pun sudah tentu dibagi menjadi dua karena manusia pun hidup dengan dua bentuk yaitu bentuk raga dan bentuk kepribadian. secara pendekatan yang umum kedewasaan lebih cenderung kepada pemaknaan raga dimana dilihat dari mulai bertambahnya usia hingga mencapai ukuran ideal kedewasaan dimana di indonesia didapat pada umur 17 tahun atau mencapai 18 di luar negeri. kemudian masih dalam bentuk raga kedewasaan dilihat dari mulai berfungsi secara maksimalnya organ tubuh seperti proses menstruasi bagi wanita dan keluarnya sperma untuk yang pertama kalinya bagi lelaki menandakan peranjakan ke tingkat dewasa, dan satu hal lagi dalam bentuk raga maka status dapat masuk ke dalam skoop itu dimana jika seorang manusia telah dapat menikah dan membangun sebuah keluarga maka dianggap telah dewasa.

bentuk kedua dari dewasa yaitu dilihat dari kepribadian dimana tingkat kedewasaan terukur dari tingkat kebijaksanaan yang ada dalam diri manusia, juga diukur dari kejernihan dalam berfikir, dilihat juga dari tingkat emosional, lalu tingkat ego yang dimiliki, dan tak lupa dilihat dari bagaimana bersikap dan menyikapi hidup beserta problematika yang ada.
sekarang beralih kepada dewasa itu yg seperti apa…untuk raga sudah jelas maka kita bahas berdasarkan kepribadian….bijaksana, bisa memandang sesuatu dari berbagai sudut pandang sebelum mengambil kesimpulan, berfikir dengan tidak mengarah kepada pola emosional melainkan pola pikir objektif, tidak tergesa-gesa melakukan sesuatu karena dorongan keinginan dan perasaan hati, dapat menahan egoisme diri ketika menghadapi kebutuhan orang banyak, dan kematangan diri serta pikiran ketika menghadapi masalah yang mungkin bersinggungan dengan diri pribadi ataupun orang banyak, lalu pintar dalam menggunakan bahasa yang tepat sehingga dapat diterima dengan baik oleh yang dituju pesan tersebut, karena orang yang dewasa akan dapat mengetahui dan menentukan gaya bahasa apa yang paling tepat untuk digunakan untuk menyampaikan suatu hal agar dapat dimengerti…sebagai contoh mana mungkin berbicara dengan gaya bahasa mahasiswa kepada anak tingkat tk….?

nah itulah sedikit pemikiran dari saya tentang kedewasaan, saya pun juga masih belajar untuk jadi lebih dewasa!

How about you???

Apa arti dewasa menurutmu?